Solid Team Work

Membentuk suatu tim kerja yang solid (Solid Team Work) memang bukan perkara yang mudah, karena setiap orang dengan talenta yang berbeda dan disatukan dalam sebuah tim memerlukan sebuah proses penyatuan yang memerlukan kesamaan tujuan atas terbentuknya tim itu.

Memang idealnya kita menerapkan sasaran dari awal dan membuatnya menjadi sasaran-sasaran tim yang lebih spesifik dalam sebuah organisasi (break down target) sehingga proses pemilihan orang yang cocok dengan sebuah penugasan (assignment) menjadi sangat penting karena sifatnya yang berbeda dan dapat digabungkan begitu saja.

Membangun tim yang solid ini butuh pemahaman yang mendalam dari tampak luar kelihatannya sebuah tim itu akrab namun sebenarnya tidak seakrab yang kita persepsikan sebelumnya. karena masing-masing individu sebagai bagian dari anggota kelompok mempunyai kesan ingin menonjolkan diri sehingga kita sebagai pemimpin harus menyadari bahwa kita ini sebenarnya mempunyai peran dengan menunjukkan komitmen dan usaha untuk memimpin tim dengan cara kita meminjam (borrow) kekuatan dari masing-masing individu dalam tim. Dan justru disitu letak kelemahan rata0rata orang indonesia, kita mudah membuat komitmen tapi absen dalam pelaksanaannya.

Berikut adalah 8 cara untuk membangun tim yang solid:

  1. Memiliki tujuan yang jelas
  2. Pelatihan dan perintah yang jelas
  3. Kondisi kerja yang stabil
  4. Budaya saling menghormati dan saling percaya
  5. Selalu terbuka terhadap ide-ide yang baru
  6. Perusahaan harus mendukung
  7. Buat kegiatan di luar pekerjaan
  8. Jadilah pemimpin yang bijaksana

Itulah ulasan tentang 8 cara membangun kerjasama tim yang solid dan kompak. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu Anda dalam menciptakan kerjasama tim yang baik seperti yang Anda harapkan selama ini.

(Visited 43 times, 1 visits today)
Posts created 18

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top